Apa itu XPS?

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Selamat Datang Ikhwah fillah

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ



Apa itu XPS? - XML Paper Specification (XPS), adalah spesifikasi untuk page description language dan format fixed document yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft yang kemudian distandardisasi oleh Ecma International sebagai standar internasional ECMA - 388. Spesifikasi XPS ini berbasis XML (lebih tepatnya XAML), yang berdasarkan pada jalur (sistem) pencetak baru dan format warna vektor dokumen yang mendukung kebebasan perangkat dan resolusi. XPS telah distandardisasi sebagai format dokumen standar terbuka pada 16 Juni 2009.


Pada tahun 2003 Global Graphics telah dipilih oleh Microsoft untuk memberikan konsultasi dan bukti dari konsep pengembangan pada XPS, kemudian mereka bekerja dengan team pengembang dari Windows untuk membuat spesifikasi dan memberikan referensi arsitektur untuk format baru tersebut.

Format XPS dokumen terdiri dari markup XML terstruktur yang mendefinisikan tata letak dokumen dan tampilan visual setiap halaman, serta aturan rendering untuk distribusi, pengarsipan, rendering, pengolahan dan pencetakan dokumen. Bahasa markup XPS adalah sub bagian dari XAML, yang memungkinkan untuk memasukkan grafis vektor-elemen dalam dokumen.


File XPS pada kenyataannya merupakan file ZIP menggunakan Open Packaging Conventions, yang berisi file-file yang menyusun dokumen. Ini termasuk markup XML file untuk setiap halaman, teks, font, raster gambar, vektor grafik 2D, serta informasi digital rights management. Isi dari suatu file XPS dapat diperiksa hanya dengan membuka dalam sebuah aplikasi yang mendukung file ZIP.

XPS dokumen memiliki fitur seperti warna gradien, transparansi, warna CMYK, printer kalibrasi, multi-sistem tinta dan skema printer. XPS mendukung teknologi Windows Color Sistem manajemen warna untuk konversi warna yang lebih presisi di seluruh perangkat dan jangkauan dinamis yang lebih tinggi. XPS dokumen juga mendukung perangkat lunak pengolah gambar raster (RIP) yang dapat didownload secara terpisah. Subsistem dari printer juga memiliki dukungan untuk nama warna, menyederhanakan definisi warna untuk gambar yang ditransmisikan ke printer yang mendukung warna-warna tersebut.


XPS juga mendukung gambar HD Photo yang aslinya untuk gambar raster. XPS format yang digunakan dalam file spul mewakili efek grafis canggih seperti gambar 3D, efek cahaya, dan gradien, yang diproses oleh driver printer tanpa rasterization, mencegah artefak rendering dan mengurangi beban komputasi.
Print or PDF